ANALISIS OPTIMASI KOMPETENSI MAHASISWA TERHADAP KEGIATAN KULIAH PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH BELAJAR MOTORIK

Authors

  • Cerlvin Ardo Pendidikan Olahraga

Keywords:

kompetensi mahasiswa, belajar motorik, kegiatan praktikum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimasi kompetensi mahasiswa terhadap kegiatan kuliah praktikum pada mata kuliah belajar motorik. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa semester empat Universitas Teknokrat Indonesia yang mengikuti kegiatan praktikum pada mata kuliah Perkembangan Motorik. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuesioner yang disebarkan melalui media sosial untuk mencegah penyebaran COVID dan menjaga agar tetap aman di masa pandemi COVID-19. Kegiatan praktikum diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami dan mengingat pembelajaran yang diberikan melalui gerakan yang dilakukan. Anggapan analisis menunjukkan kegiatan praktikum dapat mengoptimalkan kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah belajar motorik, meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam belajar belajar motorik, dan meningkatan kepuasan mahasiswa terhadap metode pembelajaran yang berikan

References

Agus, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri saat Bertanding Atlet Pencak Silat Perguruan Satria Sejati. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 164–174.

Aguss, R. M. (2020). Pengembangan Model Permainan Sepatu Batok untuk PembelajaranSepak Bola Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SiswaSekolah Dasar. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 43–53.

Aguss, R. M. (2021). ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS USIA 5-6 TAHUN PADA ERA NEW NORMAL. SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL, 2(1).

Aguss, R. M., Fahrizqi, E. B., & Abiyyu, F. F. A. (2021). ANALISIS DAMPAK WABAH COVID-19 PADA PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 46–56.

Aguss, R. M., Fahrizqi, E. B., & Wicaksono, P. A. (2021). Efektivitas vertical jump terhadap kemampuan smash bola voli putra. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1).

Andrian, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Pengawasan Proyek Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 85–93.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–39.

Fahrizqi, E. B., Gumantan, A., & Yuliandra, R. (2021). Pengaruh latihan sirkuit terhadap kekuatan tubuh bagian atas unit kegiatan mahasiswa olahraga panahan. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1), 43–54.

Gumantan, A., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengaruh Latihan Fartlek dan Cross Country Terhadap Vo2Max Atlet Futsal Universitas Teknokrat Indonesia. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 1–9.

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2021). Analysis of the Implementation of Measuring Skills and Physical Futsal Sports Based Desktop Program. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 10(1), 11–15.

Heri Kuswoyo, S. S., & Wahyudin, A. Y. (2017). Improving Student‟ s Listening Skill Using Task-Based Approach in EFL Classroom Setting.

Hidayat, R. (2014). Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan. Sisfotek Global.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1).

Mahfud, I., & Gumantan, A. (2020). Survey Of Student Anxiety Levels During The Covid-19 Pandemic. Jp. Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 86–97.

Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 54–66.

Maskar, S. (2018). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar untuk Siswa SMP/MTs dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prisma, 7(1), 53–69.

Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16.

Pratiwi, Z. F., & Ayu, M. (2020). THE USE OF DESCRIBING PICTURE STRATEGY TO IMPROVE SECONDARY STUDENTS’SPEAKING SKILL. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(2), 38–43.

Pratomo, C., & Gumantan, A. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Pada Masa Pandemi Covid-19 SMK SMTI Bandarlampung. Journal Of Physical Education, 2(1), 26–31.

Qodriani, L. U., & Kardiansyah, M. Y. (2018). Exploring Culture in Indonesia English Textbook for Secondary Education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 7(1), 51–58.

Rianto, N. (2021). Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 64–72.

Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2), 20–24.

Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25.

Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survei sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah pertama di kabupaten pringsewu tahun 2019. Journal Of Physical Education, 1(1), 18–24.

Sugama Maskar, V. H. S. (n.d.). Pengaruh Penghasilan & Pendidikan Orang Tua Serta Nilai UN Terhadap Kecenderungan Melanjutkan Kuliah.

Ulfa, M., & Puspaningtyas, N. D. (2020). The application of SPADA to students understanding of mathematical concepts. International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia, 5, 1–6.

Wahyudin, A. Y. (2015). The implementation of scientific method in teaching English as a foreign language at senior high school level. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wantoro, A. (2018). KOMPARASI PERHITUNGAN PEMILIHAN MAHASISWA TERBAIK MENGGUNAKAN METODE PERHITUNGAN KLASIK DENGAN LOGIKA FUZZY MAMDANI & SUGENO. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(1).

Wiguna, P. D. A., Swastika, I. P. A., & Satwika, I. P. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System dengan Menggunakan Framework React Native. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(3), 149–159. https://doi.org/10.25077/teknosi.v4i3.2018.149-159

Yuliandra, R., & Fahrizqi, E. B. (2019). Pengembangan Model Latihan Jump Shoot Bola Basket. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(1), 51–55.

Yuliandra, R., & Fahrizqi, E. B. (2020). Development Of Endurance With The Ball Exercise Model In Basketball Games. Jp. Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 61–72.

Downloads

Published

2021-09-29